Menu Tutup

Jelang Ramadan, Ini 5 Persiapan dan Tradisi Unik yang Dilakukan Santri

DatDut.Com – Para santri di pesantren maupun alumni yang ingin mengaji di pesantren mulai bersiap-siap. Berbagai keperluan untuk menambah pahala puasa juga dipersiapkan. Berbeda dengan suasana luar pesantren yang sudah memikirkan keperluan Hari Raya, Ramadan di pesantren menyuguhkan ketenangan.

Memang, menjelang Ramadan pesantren-pesantren telah mengagendakan kegiaan yang disebut dengan pengajian kilatan. Artinya pengajian kitab-kitab yang segera khatam dalam waktu singkat. Karena mengejar khatam, momen pengajian kilatan digunakan para santri untuk menambah daftar kitab yang telah dibaca. Kitab-kitab tertentu hanya dibaca pada bulan Ramadan. Sementara di luar Ramadan, kalaupun ada tetapi dikhatamkan dalam waktu yang lama.

Pengajian kilatan bulan Ramadan di pesantren juga menjadi saatnya kalangan santri untuk tabarukan, berburu berkah dengan turut mengaji di pesantren tertentu yang diasuh oleh ulama kharismatik. Nah, terkait persiapan menyambut Ramadan, berikut ini 5 tradisi rutin para santri: