Menu Tutup

Mau Nikah? Baca Uqudullujjain, Kitab Panduan Berumah Tangga yang Tenar di Pesantren

DatDut.Com – Tidak melulu soal fikih, tafsir, tasawuf saja, di pesantren juga terdapat kitab-kitab kajian soal rumah tangga. Bahkan kalau mau menelusuri lebih dalam, ada beberapa kitab yang bisa dikatakan merupakan bekal untuk yang berumur 18+ sebagai persiapan berkeluarga. Ya, jurusan seksologi.

Untuk kali ini, penulis ingin mengulas tentang Uqudulujjain atau Uqud al-Lujjain, sebuah kitab panduan berumah tangga karya salah satu ulama besar Nusantara dari Banten., Syekh Nawawi bin Umar al-Bantani (Banten  1230 H/1814 M, wafat: Mekah 1314 Hijrah/1897 Masehi).

Beliau adalah seorang ulama Nusantara yang menjadi pengajar di Masjidilharam pada masanya. Karyannya yang kira-kira mencapai 200-an kitab membuatnya terkenal sebagai ulama yang alim. Kelimuannya yang mengagumkan, membuatnya digelari sebagai Nawawi ats-Tsani atau Imam Nawawi kedua.

Nama an-Nawawi memang terkenal di kalangan pengikut mazhab Syafi’iyah. Beliau adalah Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syarf. Beliaulah yang disebut sebagai Imam an-Nawawi pertama. Hebatnya, sekian banyak ulama setelahnya, hanya Syekh Nawawi Banten ini yang mendapat gelar kehormatan sebagai Imam Nawawi kedua.

Kembali soal kitab Uqudullujjain, kitab ini mengungkap berbagai keterangan terkait hak dan kewajiban suami-istri dalam menjalani rumah tangga. Dibanding kitab 18+ lainnya, kitab ini lebih menekankan pembahasan pada bahasan hak dan kewajiban suami istri. Bukan murni seksologi. Nah berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui dari tentang kitab Uqudullujjain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *