Menu Tutup

ADDAI Gelar Global Talk Perdana, Bahas Wajah Islam di Asia Tenggara

Komisi Dakwah Internasional ADDAI menggelar Global Talk perdana pada Rabu (5/10) secara live streaming via Zoom dan You Tube.

Tema yang diangkat dalam Global Talk #1 ini ialah “Perwajahan Islam di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand)”.

Talkshow interaktif ini menghadirkan empat pegiat dakwah dari 3 negara, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Pegiat dakwah dari Indonesia, Dr. Moch Syarif Hidayatullah, Lc., CDAI (Ketua Umum Asosiasi Dai Daiyah Indonesia) dan Dr. Muhammad Zen, Lc.,CDAI (Lembaga Dakwah Khusus Majelis Ulama Indonesia). Kemudian pegiat dakwah asal Negeri Jiran Dr. Umar Muhammad Noor (Pensyarah USM Malaysia), dan dari Negeri Seribu Pagoda, Dr. Ahmad bin Mohd Zaki Napalen (Mudir Madrasah Darul Maaref Satun Thailand).

Acara yang dipandu oleh Ustadz Hardy Agusman, S.IP. dari Komisi Dakwah Internasional ADDAI ini berlangsung mulai pukul 19.30 hingga pukul 22.00 WIB.

Dinamika zaman yang terus berkembang menuntut pembaharuan gerakan dakwah Islam di masyarakat. Wajah dakwah Islam di Asia Tenggara menarik untuk diperhatikan, di Thailand, muslim jadi minoritas hanya 10 % dari total jumlah penduduknya. Berbeda dengan Malaysia yang jumlah muslimnya ada sekitar 66 %. Terlebih lagi di Indonesia yang muslimnya sekitar 87 % dari total keseluruhan penduduk.

Selain karena memiliki tantangan dakwah yang berbeda, jumlah penduduk muslim dunia mencapai 2 miliar atau seperempat dari populasi global.

“Yang mayoritasnya (penduduk muslim) 67% berada di Asia, tempat kita tinggal saat ini,” ujar Hardy mengawali Global Talk #1.

Indonesia juga punya posisi yang strategis karena merupakan negeri dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dan ada fakta yang menarik bahwa 70 % muslim global usianya di bawah 40 tahun.

Global Talk diikuti sekitar 60 peserta. Talkshow yang dilakukan secara online ini bisa disimak kembali melalui YouTube ADDAI TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *