Menu Tutup

Ini 5 Fenomena yang Ngetren Jelang UN, dari yang Syar’i, Unik, hingga Syirik

DatDut.Com – Sejak dari dulu, ketika masih bernama EBTANAS (Evaluai Belajar Tahap Akhir Nasional) hingga sekarang berganti nama menjadi UAN (ujian akhir nasional) ataupun UN (ujian nasional), yang namanya ujian penentu kelulusan ini selalu menakutkan.

Dari masih menggunakan lembar jawaban model silang yang murah-meriah hingga memakai lembar jawaban komputer yang serba ribet, pilihan jawaban pun tetap ABCD. Bahkan sekarang soal essay atau isian dihilangkan demi menuruti cara kerja sang komputer.

Seperti dilansir Okezone, beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, dan China juga menerapkan ujian nasional sebagai penentu kelulusan siswa. Di Indonesia sendiri, ujian nasional sudah ada sejak 1950-an dan terus mengalami perbaikan sistem untuk menyempurnakannya dari waktu ke waktu.

Anehnya, negara-negara maju seperti Finlandia, Jerman, Amerika, Australia, dan Kanada justru tidak memakai UAN sebagai penentu kelulusan siswa. Enak ya? Tidak ada fenomena aneh-aneh dari para siswa dan orangtua yang stres akibat hantu bernama Ujian Nasional.

April ini dunia pendidikan Indonesia akan kembali mengadakan UN. Gara-gara ketakutan, beban pikiran dan beban mental menghadapai eksekutor kelulusan ini, timbullah berbagai fenomena dari masyarakat dan pelajar dalam menghadapi UN. Nah, 5 fenomena ini banyak terjadi menjelang Ujian Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.