Menu Tutup

Tidak Wajar, Belakangan Banyak Bentuk Toleransi Berlebihan! Bisa Murtad Kalau Salah Niat

DatDut.Com – Menurut KBBI, toleransi berarti sifat atau sikap toleran, yang artinya adalah bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dsb.) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

Dalam bahasa agamanya, toleransi sama artinya dengan tasamuh yang mana menjadi salah satu pola pikir dasar yang diterapkan NU. Sikap toleransi juga merupakan salah satu yang diajarkan dalam Islam. Artinya umat Islam dapat hidup berdampingan secara damai dengan pihak lain walaupun aqidah, cara pikir, dan budayanya berbeda.

Banyak riwayat yang menceritakan bagaimana sikap Nabi Saw. terhadap non-Muslim. Namun ternyata ada juga beberapa kalangan yang melakukan tindakan berlebihan dalam pelaksanaan toleransi atau konsep tasamuh itu sendiri.

Padahal seharusnya konsep menjaga akidah lebih diperjelas oleh semua kalangan. Sebagaimana telah tegas dalam Islam bahwa memang tidak ada paksaan dalam agama, namun juga tidak diperbolehkan mengikuti tatacara agama lain.

Konsep “bagimu agamamu dan bagiku agamaku” harus terjaga dan tidak dibenturkan dengan prinsip toleransi. Sebagai contoh nyata,rangkuman peristiwa berikut ini merupakan bentuk toleransi yang kebablasan yang dilakukan beberapa kalangan.

Terlepas alasan yang melatarbelakangi masing-masing peristiwa, namun tindakan tersebut tetap mengundang berbagai kritik dan menimbulkan kontroversi di kalangan umat Islam. Berikut ini lima contoh tindakan yang tak layak dilakukan atas nama toleransi: