Menu Tutup

Tindakan Sahabat dan Tabiin Berikut Jadi Landasan yang Kuat Adanya Bidah Hasanah

DatDut.Com – Pembahasan tentang bidah seakan tidak pernah usang. Dari pihak yang antibidah hasanah, selalu saja mengulang-ulang pembahasan. Sehingga perkara pembagian bidah yang sudah sejak dahulu tuntas seakan adalah barang baru yang tak pernah basi dibahas.

Mayoritas ulama salaf shalih sejak dahulu telah sepakat mengatakan adanya bidah hasanah dan sayyi’ah atau dhalalah. Mereka yang tidak sependapat pembagian bidah hasanah dan sayyi’ah dan mengatakan semua bidah pasti sesat pada akhirnya harus menjelaskan konsep dan membuat pembagian pula. Yaitu bidah duniawi dan syar’i. Padahal kedua hal tersebut pada dasarnya sudah tercover dalam pengertian dan pembagian yang lebih dahulu ada.

Nah, soal dalil bidah hasanah, hadis-hadis yang mengisahkan berbagai amal para sahabat yang belum diajarkan oleh Rasululullah adalah termasuk dalil. Di mana mereka melakukan perbuatan yang belum diajarkan. Meskipun hal tersebut juga tidak bisa dikatakan bidah karena pada akhirnya Rasulullah membenarkannya atau menetapkannya dan menjadi sunah taqririyyah.

Sahabat berbuat, Rasulullah membenarkan. Namun dari sisi inovasi dalam beragama, dan melakukan hal yang belum diajarkan tetapi tidak bertentangan dengan yang diajarkaan Rasulullah, maka tindakan para sahabat tersebut bisa menjadi dalil adanya bidah hasanah.

Bahkan, setelah Rasulullah wafat pun, para sahabat melakukan berbagai hal yang tergolong urusan ibadah namun belum pernah diajarkan Rasulullah. Berikut ini beberapa tindakan para sahabat yang semakin menguatkan adanya bidah hasanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *