Menu Tutup

Bila Saat Salat Saja Hatimu Masih Resah dan Tidak Khusyuk, Mungkin Kamu Butuh 5 Tip Ini

DatDut.Com – Mungkin Anda salah seorang yang selama ini berhasrat untuk bisa salat khusyuk. Meski banyak yang sudah berusaha, bahkan sampai mengikuti pelatihan segala, tapi tak banyak yang berhasil. Inilah yang tak jarang membuat sebagian kita bingung, mengapa saat salat saja, kita sulit menghadirkan “Allah” dalam diri kita.

Padahal khusyuk merupakan salah satu tanda ibadah salat kita bagus dan ada kemungkinan diterima. Karena dalam Islam, dalam salat yang amat ditekankan adalah ihwal kekhusyukannya. Berikut 5 tip salat khusyuk yang dirangkum dari berbagai literatur. Yuk kita simak kelima-limanya berikut ini.

[nextpage title=”1. Tenang Menuju Salat”]

1. Tenang Menuju Salat

Tip pertama ini ditunaikan prasalat. Artinya sebelum Anda salat, saat menuju ke masjid atau akan melakukan salat jamaah di rumah, usahakan untuk tidak terburu-buru atau grusa-grusu. Jangan pula salat seperti diburu-buru sesuatu atau seakan-akan memburu sesuatu. Ini membuat salat kita tidak berkualitas.

[nextpage title=”2. Mengarahkan Pandangan ke Tempat Sujud”]

2. Mengarahkan Pandangan ke Tempat Sujud

Selama salat berlangsung, arahkan pandangan Anda ke tempat sujud, baik saat rukuk maupun sujud. Jangan pejamkan mata saat salat, khususnya saat sujud. Karena secara medis mata terbuka ketika sujud memperkuat pupil mata. Nah, ini juga di antara keistimewaan sujud.

[nextpage title=”3. Pahami Bacaan Salat”]

3. Pahami Bacaan Salat

Karena bacaan-bacaan dalam salat menggunakan bahasa Arab, maka sudah semestinya minimal diketahui dan maksimal dipahami makna-makna bacaannya. Bisa lewat buku panduan salat, syukur-syukur jika ikut pelatihan salat khusyuk yang sudah tersedia (mencari guru). Karena guru mempercepat kita bisa.

[nextpage title=”4. Tuma’ninah”]

4. Tuma’ninah

Tuma’ninah adalah tenang. Usahakan selama salat tidak banyak gerak-gerak, baik gerakan besar maupun gerakan kecil. Gerakan besar meliputi gerakan badan, kaki, tangan. Gerakan kecil meliputi gerakan lidah, mata atau tolah-toleh, garuk-garuk. Satu lagi yang terpenting, hati jangan sampai bergerak-gerak kepada selain Allah. Sebaliknya, hadirkan keagungan dan kemuliaan Allah selama salat dengan hanya memikirkan Allah, buang pikiran yang lainnya.

[nextpage title=”5. Zikir di Luar Salat”]

5. Zikir di Luar Salat

Untuk membantu salat khusyuk, perbanyaklah zikrullah (ingat Allah) di luar salat. Saat di kantor ingat Allah, ketika di pasar ingat Allah, kala bercengkrama dengan keluarga ingat Allah, saat sekolah ingat Allah dan seterusnya. Membiasakan diri mengingat Allah memudahkan kita mengingat Allah saat salat.

 

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *