Menu Tutup

Kenali 5 Keunikan dan Model Pendidikan Pondok Pesantren Salaf

DatDut.Com – Setelah beberapa waktu lalu kita mengenali perbedaan antara pesantren salaf, salafi, dan modern (Baca: Kenali 5 Ciri Pembeda antara Pesantren Salaf, Modern, dan Salafi), kali ini penulis coba ajak lebih dalam mengenal pesantren salaf. Sebagaimana telah diketahui, pesantren salaf di Indonesia sering menyematkan kata salafiyyah dalam identitas pesantrennya sebagai label kesalafan ala Islam tradisional.

Pesantren salaf merupakan bentuk pesantren pertama yang ada Indonesia sejak zaman dahulu. Terbukti ada pesantren salaf yang sudah sangat berumur, seperti Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, yang telah berusia 3 abad.

Pada perkembangannya pesantren-pesantren salaf ada yang sebagian lebih terbuka dengan hal-hal baru berbau modernisasi sistem dan metode pendidikan. Sehingga muncullah jenis pesantren salaf namun juga bercorak modern dengan ciri pengenalan bahasa asing, namun pesantren tersebut masih tetap mempertahankan model salafnya.

Karenanya, pesantren salaf ada beberapa keunikan dan kekhasan dilihat dari sisi spesialisai bidang keilmuan yang diajarkan. Berikut ini 5 model pesantren salaf dilihat dari sisi spesialisasi bidang keilmuan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.