Menu Tutup

Pitnah Orang Sunda Tak Bisa Ngucap F! Ini 5 Buktinya yang Beredar di Media Sosial

DatDut.Com – Etnis Sunda selama ini diidentikan dengan suku yang tidak bisa mengucapkan huruf konsonan F. Singkatnya, orang Sunda dianggap punya cacat konsonan pada huruf ini. Padahal faktanya tidaklah demikian. Pada banyak tulisan sebagai rekaman bahasa lisan yang beredar di kawasan orang Sunda, mereka bisa kok. Karena, bagaimanapun bahasa tulis itu selalu jadi rekaman bahasa lisan.

Sebetulnya bukan tidak bisa, tetapi yang terjadi mereka sering menukar konsonan F jadi konsonan P. Begitupun sebaliknya. Konsonan P ditukar jadi konsonan F. Maka, gambar utama pada artikel ini benar. Nyatanya memang pitnah (bukan fitnah) kalau orang Sunda tak bisa mengucapkan F. Buktinya, mereka bisa mengucapkan (atau menuliskan) fower full (dari power full).

Gambar pitnah ini  sendiri sudah banyak beredar di masyarakat, termasuk sebagai gambar kaos. Nah, ternyata fenomena menukarkan konsonan P jadi F dan F jadi P ini juga direkam oleh netizen. Berikut 5 bukti yang beredar di media sosial bahwa orang Sunda bisa mengucapkan (atau menuliskan) F, karena yang terjadi hanya menukar konsonan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.