Menu Tutup

Ini 5 Pesantren Tertua di Indonesia yang Sebagiannya Masih Eksis hingga Kini

DatDut.Com – Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia kini sudah tumbuh menjamur di seluruh penjuru negeri. Tentu saja pesantren-pesantren ini tidak tumbuh subur begitu saja tanpa ada yang mempeloporinya. Lalu, pesantren manakah yang menjadi pelopor atau yang paling awal berdiri di Indonesia. Berikut 5 pesantren tertua di Indonesia:

[nextpage title=”1. Pondok Pesantren Sidogiri”]

1. Pondok Pesantren Sidogiri

Pondok Pesantren ini berada di Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Pondok pesantren ini berdiri sekitar tahun 1700 M. Ada dua versi yang berbeda tentang tahun berdirinya pondok pesantren ini. Versi pertama menyebutkan bahwa pesantren ini yaitu tahun 1718 dan 1745. Peantren ini didirikan oleh seorang sayyid dari Cirebon bernama Sayyid Sulaiman.

[nextpage title=”2. Pondok Pesantren Jamsaren Jawa Tengah”]

2. Pondok Pesantren Jamsaren Jawa Tengah

Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1750. Pesantren ini berlokasi di Jalan Veteran Serengan Solo. Pesantren ini didirikan pada masa Paku Buwono IV. Pada masa itu hanya berupa surau kecil. Kemudian Paku Buwono IV  mendatangkan salah satu kyai dari Banyumas Jawa Tengah yang bernama Kyai Jamsari dan didaulat untuk mendirikan pesantren Jamsaren ini.

Pesantren ini  sempat vakum selama 50 tahun (sekitar tahun 1830 – 1878) karena agresi militer Belanda dan setelah itu mulai aktif kembali dan diambil alih oleh K.H Idris, kyai nan alim dari Klaten yang masih keturunan kyai pembantu Pangeran Diponegoro.

[nextpage title=”3. Pondok Pesantren PPMH Gading Malang Jawa Timur”]

3. Pondok Pesantren PPMH Gading Malang Jawa Timur

PPMH merupakan singkatan dari Pondok Pesantren Miftahul Huda. Pondok pesantren ini lebih masyhur dengan nama Pondok Gading. Karena pesantren ini berada di Kelurahan Gading Asri Kecamatan Klojen Kota Malang. Pesantren ini berdiri pada tahun 1768 dan didirikan oleh K.H Hasan Munadi.

[nextpage title=”4. Pondok Pesantren Buntet Cirebon”]

4. Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Pondok Pesantren Buntet Cirebon didirikan pada abad ke-18 atau sekitar tahun 1785. Pesantren ini didirikan oleh Mbah Muqoyim seorang Mufti Kraton Cirebon. Mbah Muqoyim mendirikan pesantren ini sebagai bentuk penolakan terhadap Belanda.

[nextpage title=”5. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura”]

5. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura

Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1787 M. Bermula dari sebuah musala keci yang dibina oleh Kyai Itsbat bin Ishak. Beliau merupakan seorang kyai yang kharismatik, zuhud dan tawadu, sehingga bisa melahirkan kyai-kyai besar di Madura dan Jawa.

Nah, itulah seputar informasi tentang pesantren tertua di Indonesia. Kelima pesantren ini berdiri pada tahun 1700 M dan masih tetap eksis sampai sekarang.

 

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *