Menu Tutup

Jelang Nishfu Sya’ban, Ini 5 Tradisi Baik yang Biasa Dilakukan Umat Islam

DatDut.Com – Bulan Sya’ban sudah mendekati pertengahan. Sebentar lagi kita akan kembali memasuki bulan agung, yaitu Ramadhan. Menurut Ustaz Tubagus Ace Hasan Syadzili, Sya’ban diambil dari kata Sya’bun (kelompok/golongan). Disebut Sya’ban karena masyarakat jahiliyyah dahulu kala berpencar pada bulan itu untuk mencari air. Ada juga yang mengatakan mereka berpencar dalam beberapa kelompok untuk perang.

Bulan Sya’ban dikatakan juga sebagai bulan yang yatasya’abu fihi al-khair (bercabang-cabang kebaikannya). Dalam salah satu hadis riwayat an-Nasa’i disebutkan bahwa pada bulan Sya’ban buku catatan amal dihaturkan kepada Allah Swt. Menghadapi bulan istimewa ini, umat Islam di tanah air memilki tradisi yang disebut Ruwahan yang artinya memperbanyak sedekah. Sehingga bulan ini disebut juga dengan bulan Ruwah.

Nah, menjelang pertengahan bulan Sya’ban ini, tidak ada salahnya kalau kita menguak beberapa amaliah yang menjadi tradisi umat islam. Sebagian ada juga yang masih diperselisihkan dan dianggap bidah. Berikut ini 5 tradisi umat Islam saat bulan Sya’ban alias Ruwah.