Menu Tutup

Mau Menikahi Santriwati? Pilih Saja Yang Ini! Kamu Dapat 5 Plus-plusnya

DatDut.Com – Sudah pernah baca artikel tentang memperistri santri putri? Kalau belum, baca dulu artikel 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mempersunting Santri Putri. Tetapi tahukah kamu bahwa di antara sekian keunggulan santri putri, ada kelompok santri yang punya keunggulan lebih dari lima keunggulan santri putri biasa.

Merekalah para santri putri abdi dalem pengasuh atau santri yang membantu pekerjaan di rumah pengasuh pesantren. Abdi dalem kalau di luar pesantren bisa dikatakan pembantu.

Tapi bagi santri, menjadi pembantu kiai itu justru merupakan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri selain juga ada suka dukanya. Mereka bukan buruh kerja paksa, namun sukarela. Hal itu juga tak lepas dari apa yang dicontohkan dalam Ta’lim Mutaallim, kitab etika pesantren salaf.

Disebutkan dalam Ta’lim al-Muta’alim bahwa Qadhi Imam Fakhruddin al-Arsabandi menceritakan kisahnya ketika menuntut ilmu. Beliau melayanai gurunya, Qadhi Abu Yazid ad-Dabusi, memasakkan hidangan untuk sang guru, bahkan ia sendiri tidak turut makan hidangan itu.

Itulah salah satu perilaku yang dicontoh para santri abdi dalem kiai. Di sisi lain, para kiai juga tidak seenaknya sendiri memperkerjakan santrinya tanpa memberi apa pun. Minimal para santri itu terbebaskan dari biaya makan dan iuran di pesantren.

Nah, kalau para santri putri umumnya memiliki 5 keunggulan, maka para santri putri abdi dalem mempunyai 5 lagi keunggulan tambahan (plus-plus). Karenanya, kalau mau memperistri santri, para santri abdi dalem sangat layak dipertimbangkan sebagai pilihan utama. Ini dia ulasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.