Menu Tutup

Mau usir Nyamuk dari Rumah secara Alami dan Aman? 11 Tanaman Ini Solusinya (Bag. 1)

DatDut.Com – Musim penghujan masih berlangsung. Ada baiknya menjaga kesehatan keluarga dengan mencegah gigitan nyamuk. Soal mencegah gigitan nyamuk ataupun mengusir nyamuk tentu banyak orang yang memilih berbagai produk kimia yang instan.

Namun jika Anda lebih peduli soal kesehatan, ada baiknya menggunakan tip alami untuk mengusir dan mencegah nyamuk betah di rumah Anda.

Ada banyak tanaman bahkan beberapa di antaranya tergolong liar yang ternyata berkhasiat mencegah nyamuk. Paling tidak, dengan adanya tumbuhan anti nyamuk di rumah Anda, atau di sekitar rumah, bisa meminimalisir adanya serangga satu ini. Berikut ini ada 11 tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk dari rumah Anda:

[nextpage title=”1. Sereh/Serai”]

1. Sereh/Serai

Setidaknya ada dua macam sereh yang terkenal mampu mengusir nyamuk. Sereh wangi dan sereh dapur. Antara keduanya yang lebih akrab dengan kita adalah sereh dapur karena sering menjadi salah satu bumbu penyedapa ketika memasak daging.

Tanamlah sereh dapur di sekitar rumah Anda untuk mencegah nyamuk. Ada juga tip lain yang menggunakan sereh sebagai ganti obat anti nyamuk.

Campurkan beberapa tetes minyak sereh ke dalam seember air lalu gunakan untuk mengepel lantai. Bau khas sereh akan mengurangi nyamuk yang datang ke rumah.

Cara lainnya yang lebih praktis adalah dengan meletakkan irisan sereh dalam beberap wadah, lalu letakkan di beberapa sudut rumah Anda. Ini menjadi cara mudah dan alami menggantikan obat nyamuk bakar maupun obat nyamuk semprot.

[nextpage title=”2. Lemon Balm”]

2. Lemon Balm

Lemon Balm (Melissa Officinalis) dikenal juga sebagai balsem atau balm mint, merupakan tumbuhan yang berasal dari Eropa dan Mediterania. Tanaman ini tergolong obat herbal yang sering digunakan dalam aromaterapi. Juga sering dipakai sebagai tambahan minuman.

Menanam lemon balm di sekitar rumah atau dalam pot di teras juga membantu membuat nyamuk tidak betah di rumah Anda. Kalau kesulitan mendapatkan tanaman ini di lingkungan atau pasar terdekat, sudah ada banyak penjual bibit bunga online yang menjual bibit tanaman ini.

[nextpage title=”3. Catnip”]

3. Catnip

Catnip di Indonesia disebut juga dengan nama Kucingan. Disebut demikian karena tanaman ini sangat digemari oleh kucing. Bahkan tanaman ini disebut-sebut bisa membuat kucing seperti mabuk atau fly. Tidak hanya mempu mengusir nyamuk, kucingan ternyata juga berfungsi mengusir kecoa dan rayap.

Tentunya Anda harus siap kedatangan “tamu lain” jika memilih kucingan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bagi penggemar kucing tentu akan mendapat kesenangan dengan datangnya para kucing yang menikmati sensasi dari tanaman Anda.

[nextpage title=”4. Marigold”]

4. Marigold

Tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning mencolok ini juga punya khasiat mengusir nyamuk. Masyarakat Bali menyebut bunga ini dengan nama bunga Gumitir.

Bentuknya sekilas mirip dengan tanaman kenikir. Tetapi bunga marigold memiliki ukuran lebih besar. Bentuknya yang besar dan berwarna mencolok juga mengundang tamu lain, yaitu lebah madu.

Ada juga tip unik terkait bungan marigold. Dengan menjadikannya sebagai tanaman pendamping pada tomat, maka tanaman tomat Anda akan terhindar dari berbagai hama serangga.

[nextpage title=”5. Basil”]

5. Basil

Tanaman basil masih satu keluarga dengan Kemangi. Bahkan penampilan daunnya pun sangat mirip. Namun bedanya, basil memiliki bau agak mirip mint. Bau inilah yang justru tidak disukai nyamuk.

Selain sebagai pengusir nyamuk, basil dan kemangi menjadi salah satu bumbu penting di dapur. Hanya saja bedanya, kalau kemangi lebih cocok jadi lalapan atau bumbu tambahan, sedangkan basil lebih sering dijadikan saus spaghetti. Untuk lidah kita, lebih akrab dan menerima rasa kemangi ketimbang basil.

[nextpage title=”6. Lavender”]

6. Lavender

Bunga Lavender sering ditanam orang dalam pot. Selain karena warnanya yang indah, bunga lavender juga memiliki wangi yang khas.

Tapi tahukah Anda bahwa bunga lavender juga berkhasiat mengusir seranga seperti nyamuk? Perbanyak saja koleksi lavender Anda dalam pot, maka rumah akan kian damai dari gangguan nyamuk.

 

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *