Menu Tutup

Komik Islami Ini Keren Banget! Menentang Radikalisme dengan Canda dan Sindiran

DatDut.Com – Muhammad Fihril Kamal baru-baru ini meluncurkan album foto di akun Facebooknya dengan judul “Sketsa Islam Kita”. Sebuah kumpulan komik yang menanggapi berbagai isu dan fenomena yang berkembang tentang Islam di Indonesia.

Menurutnya, sebagaimana diceritakan dalam keterangan album tersebut, semua berawal dari kegelisahan melihat masifnya peredaran status, meme, komik dan berbagai konten yang mengatasnamakan Islam.

Sayangnya berbagai konten yang beredar itu sangat jauh dari Islam yang ia kenal dan diajarkan oleh orang tua, kiai dan para gurunya.

Menurutnya, wajah Islam yang digambarkan dalam berbagai konten islami di media sosial cenderung berwajah garang dan menyeramkan.

Komik dan meme berisi mengharamkan ini-itu, membidahkan berbagai amalan, dan menyesatkan aliran-aliran. Bahkan sebagian sudah sampai pada ajakan mengkafirkan orang dan menjurus ke faham terorisme.

Pria yang bekerja sebagai Freelance Graphic Designer/Illustrator dan Game Developer ini akhirnya mulai membuat komik dengan nama Sketsa Islam Kita (SIK) yang berawal pada bulan Ramadhan 2016. Dari kediamannya di Lamongan ia mengunggah seri komik SIK secara berseri.

Komik tersebut kini telah mencapai 40 seri. Pada 12 Januari 2017 Fihril Kamal melalui akun FB-nya meluncurkan ke-40 seri komik yang telah setengah tahun ia buat. Banyak yang menyarankannya untuk mejadikan komik tersebut sebagai sebuah buku yang dicetak dan dijual luas.

Sebelum menjadikan 40 foto komik islami karyanya dalam satu album di FB, Fihril Kamal juga telah menjual desain kaosnya yang juga bertema Sketsa Islam Kita di salah satu situs jual beli kaos online, Tees.co.id.

Sebenarnya tidak ada tokoh khusus sebagai tokoh utama dalam komik ini. Setiap serinya merupakan potongang tersendiri dan biasanya langsung tamat.

Tapi beberapa seri di antaranya menampilkan tokoh bernama Abu Wawan yang mewakili wajah garang dalam Islam.

Abu Wawan termasuk sering muncul dalam komik ini dengan berbagai kisahnya. Sehingga dalam desain kaos yang dijualnya, Fihril Kamal menjadikan Abu Wawan sebagai salah satu tokoh yang dominan.

Nah, bagi Anda yang penasaran seperti apa Sketsa Islam Kita, bisa langsung melihat dan membacanya di sini. Pembuatnya, Fihril Kamal juga selalu menyelipkan kalimat “Silakan Share Tanpa Izin” dalam setiap seri yang dibuatnya.

Sebagai perkenalan, ini  5 contoh Komik SIK, dilengkapi pengantar dari penulisnya di setiap contoh:

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.