Menu Tutup

K.H. Hasyim Muzadi Wafat! Innalillahi wa Inna Ilayhi Rajiun

DatDut.Com – Pagi ini di berbagai grup Whatsapp tersiar kabar bahwa K.H. Hasyim Muzadi, yang pernah menjadi Ketua Umum PBNU dan saat ini termasuk salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), berpulang ke rahmatullah.

Salah satu pesan di grup Whatsapp berasal dari Arif Zamhari, Ph.D., dosen UIN Jakarta yang juga menantu K.H. Hasyim Muzadi. Begini di pesan berantai yang tersebar di WA itu:

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kullu nafsin dzaiqotul maut. Lahu ma akhodz wa lahu ma a’tho. Telah meninggal dunia KH Ahmad Hasyim Muzadi, ghafarallahu lahu, pada pagi ini, hari kamis, 16 maret 2017 pada pukul 6.15 wib. Jenazah insyaallah akan diberangkatkan ke pesantren alhikam depok dari malang bakda dzuhur hari ini, dan akan dishalatkan di masjid alhikam setibanya di pesantren. Hal2 yang berkenaan dengan hak2 dan kewajiban beliau, diharap menghubungi keluarga).” 

Kabar ini tentu menjadi kehilangan besar bagi umat Islam Indonesia. Tokoh yang selama ini dikenal moderat dan mampu menjadi jembatan bagi banyak kelompok di Indonesia, termasuk kelompok Islam dengan non-Muslim, juga kelompok Islam dengan pemerintah.

Umat Islam sudah sepantasnya ikut mendoakan kepergian almarhum dan berharap almarhum mendapat husnul khatimah. Semoga akan ada pengganti-pengganti beliau di masa-masa mendatang.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *