Menu Tutup

Jaga Kesehatan Otak Anda dari Virus Hoax! Ini 5 Langkah Sederhana Mencegah Peredarannya

DatDut.Com – Indonesia sudah darurat hoax. Berita bohong, fitnah dan pemelintiran fakta bertebaran utamanya di media sosial, baik Twitter, Facebook, Instagram maupun lainnya. Berita klarifikasi menyebar selambat siput sedangkan berita hoax menyebar secepat kecepatan cahaya.

Seperti yang sering terlihat, berita bombastis, sesuai kecenderungan pandangan politik maupun keagamaan, akan segera di-share hingga ribuan hingga puluhan ribu kali, sementara klarifikasi dan pelurusan hanya akan di-share oleh sekian ratus atau ribuan orang saja.

Padahal yang namanya bohong, dusta, fitnah jelas-jelas dilarang agama dan membahayakan keselamatan negara dan bangsa sendiri.

Sangat disayangkan dan layak dipertanyakan jika ada pemahaman keagamaan yang menghalalkan dusta atas nama dakwah. Bagaimana mungkin ajaran agama yang suci harus menggunakan jalan dusta yang hina untuk menyebarkannya?

Kelompok, aliran, organisasi maupun pemahaman keagamaan manapun yang terbiasa menggunakan hoax dan pemelintiran fakta disertai mengklaim kebenaran serta menuduh berita yang tak sama sebagai hoax juga, layak diragukan kebenarannya.

Sayangnya banyak orang masih mudah percaya terhadap berita-berita kurang jelas. Itu diperparah dengan klaim-klaim kebenaran yang justru mengiringi beredarnya berita hoax.

Nah, beberapa langkah sederhana berikut ini sebaiknya Anda lakukan agar tak memperparah keadaan. Jika tak mampu menghilangkan dan memberantas habis sumber-sumber hoax dan fitnah, maka menahan diri dengan langkah-langkah berikut ini adalah lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.