Menu Tutup

Ini Kriteria Dai Moderat Versi ADDAI

ADDAI Online – ADDAI adalah organisasi asosiasi profesi yg menghimpun para dai lintas ormas, lintas manhaj, dan lintas profesi.

Meski sebagian besar anggota ADDAI adalah dai-dai yang berprofesi sebagai dosen (umumnya sudah doktor) dan guru juga praktisi dakwah dari bermacam latar belakang ormas.

Ada NU, Muhammadiyah, Persis, Salafi, PKS, LDII dan bahkan FPI. Bergabungnya para dai lintas ormas ini diniatkan agar terjadi tafahum antardai.

ADDAI sudah sah sbg organisasi profesi dai melalui SK Kemenkumham No. AHU 0002619.AH.01.04 Tahun 2018.

Kiprah ADDAI selama ini juga sudah cukup banyak dalam pengabdian keumatan, termasuk mengelola dakwah perkantoran, perusahaan, kampus (utamanya di Jabodetabek), dakwah komunitas WNI di LN (Jepang, Prancis, Spanyol, Hongkong, Macau, China, Australia, New Zealand, Belanda, dll), dan beberapa stasiun televisi. Termasuk pembinaan dai muda wasathiyyah di kampus PTKIN.

Baca juga:  MPP Pemprov DKI Percayakan ADDAI untuk Pembinaan Keislaman Pegawainya

Banyak dai ADDAI sudah mendapat sertifikasi sebagai dai dari MUI.

Sebagai info tambahan, ini sdh periode kedua kepengurusan ADDAI. Utk melihat profil, pengurus, dan aktivitas ADDAI. Info lengkap tentang ADDAI, dapat diperoleh melalui situs resmi ADDAI. (www.addai.or.id).

Pencantuman nama-nama dai moderat tersebut sudah melalui proses seleksi ketat oleh tim ADDAI dengan menyaring informasi dari masyarakat.

Sebagai informasi, kriteria #DaiModeratADDAI yg dipedomani dan diacu tim ADDAI sbb:

  1. Mempunyai ilmu keislaman dan kemampuan dakwah yg memadai
  2. Mendakwahkan sikap wasathiyyah dan moderasi beragama
  3. Memposisikan diri di tengah semua kelompok
  4. Tidak memperuncing perbedaan dan selalu menjaga ukhuwwah Islamiyah

Dengan kata lain, daftar ini ada proses dan tahapannya, juga perdebatan di internal tim siapa yg masuk dan tidak masuk. Meskipun kami sadar akan ada pro-kontra dan kami juga menyadari bahwa ini adalah daftar dinamis, bukan statis.

Baca juga:  Lorem ipsum dolor sit amet

Semoga ini membantu semua pihak mendapat info detail terkait daftar Dai Moderat ADDAI yg hari ini cukup banyak mendapat perhatian masyarakat dan liputan media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *