Menu Tutup

Ini 5 Ratu Terpenting dalam Sejarah Umat Manusia

Datdut.Com – Sejarah menunjukkan ada beberapa wanita tangguh yang memimpin kerajaan besar. Para ratu tersebut mempunyai peranan penting dalam sejarah. Mereka bahkan memegang peranan sentral dalam pemerintahan. Siapa saja mereka? Yuk, simak.

1. Ratu Cleopatra

Ratu Cleopatra mempunyai nama lengkap Cleopatra Selene  Philipator, namun dikenal dengan Cleopatra VII. Hidup pada tahun 69-30 SM. Ia adalah putri Ptolemy Auletes (Ptolemy XII), penguasa Mesir Kuno mantan orang kepercayaan Alexander The Great sang penguasa Macedonia.

Ia adalah seorang Firaun terakhir di Dinasti Petolemia yang menggunakan senjata “kewanitaan” untuk mempertahankan tahtanya. Kecantikan Cleopatra terkenal pada masanya. Ia simbol kecantikan perempuan Mesir. Bahkan dengan kecantikannya, ia bisa mempengaruhi tokoh besar Romawi sekaliber Julius Caesar dan Mark Antony.

Kisah hidupnya sering didramakan dalam berbagai bentuk karya, termasuk “Antony and Cleopatra” dari William Shakespeare dan beberapa film modern.

2. Ratu Kalinyamat

Ratu Kalinyamat adalah putri Pangeran Trenggana dan cucu  Raden Patah, sultan Demak yang pertama. Ratu Kalinyamat  mempunyai  nama asli  Retna Kencana. Retna Kencana kemudian tampil sebagai tokoh sentral dalam penyelesaian konflik di lingkungan keluarga Kesultanan Demak.

Setelah kematian Arya Penangsang, Retna Kencana dilantik  menjadi  penguasa Jepara dengan gelar Ratu  Kalinyamat pada 1549.

Selama  masa pemerintahannya, Jepara semakin pesat perkembangannya. Menurut sumber Portugis yang ditulis  Meilink-Roelofsz menyebutkan bahwa Jepara menjadi kota pelabuhan terbesar di  pantai  utara  Jawa  dan memiliki armada laut yang besar dan kuat pada abad ke-16.

3. Ratu Elizabet I

Ratu Elizabet I lahir pada tahun 1533 di Grenwich. Sepanjang sejarah Inggris Elizabet I dianggap penguasa paling terkemuka yang muncul di saat Inggris tidak mempunyai raja-raja yang kompeten.

Sedikit cerita, saat Elizabeth naik tahta pada umur 25, banyak sekali kemelut masalah negara yang dia warisi. Mulai dari peperangan melawan perancis, hubungan tegang dengan Scotlandia dan Spanyol, kondisi moneter pemerintahan, dan yang paling parah adalah perpecahan agama akibat pembunuhan massal penganut Protestan.

Tapi pada akhirnya, ia berhasil membawa Inggris ke masa keemasan. Masa pemerintahannya merupakan masa kemakmuran ekonomi, berkembangnya kesusastraan, dan munculnya Inggris jadi kekuatan armada laut nomor satu pada masanya.

4. Ratu Isabella I

Ratu Isabella lahir tahun 1451 di Madigral Kerajaan Castetile yang kini bagian dari Spanyol. Isabella I dianggap sebagai salah satu ratu paling kuat, namun kontroversial dalam sejarah Spanyol.

Dia yang mensponsori pelayaran Christopher Columbus menuju Belahan Barat, memulai inkuisisi Spanyol, dan pemersatu Kerajaan Spanyol. Pencapaian paling menonjol pemerintahan Isabela berupa penemuan dunia baru.

Isabella I memerintah dengan suaminya, Ferdinand dari Aragón, dari 1474 sampai kematiannya pada 1504. Mereka ingin membangun kerajaan spanyol menjadi kerajaaan terkuat.

Untuk mewujudkannya pertama-tama mereka harus menaklukkan Granada yang saat itu dikuasai Islam. Pertempuran itu bermulai dari tahun 1481-1492 dengan kemenangan mutlak di tangan Isabela Ferdinand.

5. Ratu Victoria

Ratu Victoria mempunyai nama asli Victoria Adelaile Mary Louisa, lahir di Istana Buckingham Inggris tahun 1840. Ia menikah dengan Federik III.

Masa kepemimpinan ratu Victoria dimulai tahun 1837-1901. Era itu terkenal dengan revolusi industri dan kemajuan di berbagai bidang kehidupan seperti ilmu pengetahuan, penemuan medis, kesenian, prosa dan sebagainya.

(Editor : Elok)

nenengPenulis : Neneng Maghfiro (Penikmat telor setengah mateng)

Twitter : @NengAirin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.