Menu Tutup

Ini 5 Cara Sederhana Atasi Batuk dan Pilek

DatDut.Com – Batuk dan pilek sudah dikenal sebagai penyakit infeksi yang sering kita alami. Gejalanya kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada banyak macam jenis virus influenza penyebab batuk dan pilek yang terus bertambah jenisnya di setiap musim.

Pada umumnya, paling tidak seseorang akan terkena batuk-pilek satu atau dua kali dalam setahun. Berikut 5 cara sederhana atasi batuk dan pilek:

1. Istirahat Cukup

Istirahat merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan. Waktu istirahat yang teratur dapat menjaga vitalitas tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang padat dan super sibuk. Istirahat dapat membantu mengembalikan kebugaran tubuh setelah kita lelah melakukan aktivitas.

Tidur cukup dapat menjaga stabilitas sistem imun pada tubuh kita dan siap menghadapi segala serangan dari luar, seperti virus. Tidur merupakan jenis istirahat yang dianjurkan dengan durasi sekitar 8 jam per hari.

2. Banyak Konsumsi Cairan

Konsumsi cairan yang dimaksud adalah air putih. Air putih memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tentunya air putih yang higienis untuk dikonsumsi. Air merupakan komposisi terbesar dalam tubuh manusia dan hampir semua reaksi dalam tubuh memerlukan air.

Asupan air putih dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat batuk-pilek, serta dapat membantu membersihkan tubuh dari kuman atau virus yang menyebabkan batuk-pilek. Minumlah air putih sebanyak 6-10 gelas ukuran 200 cc, atau rata-rata 8 gelas sehari, seperti dikutip dari dokita.co.

3. Perbanyak Konsumsi Jeruk Nipis Sesuai Anjuran

Menurut resepkita.com, jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan kuat yang dapat mengusir kuman atau virus penyebab batuk dan pilek.

Selain itu, jeruk nipis mudah didapat, baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Cara mengkonsumsinya adalah siapkan 1 buah jeruk nipis, potong melintang menjadi 2 bagian kemudian peras airnya, setelah itu campurkan dengan 1 sendok makan kecap manis, aduk rata. Ramuan siap diminum.

4. Konsumsi Madu

Madu merupakan antibiotik alami yang dapat digunakan untuk penanganan penyakit infeksi termasuk batuk-pilek. Cara menggunakannya tinggal campurkan ½ sendok makan madu dengan parutan satu ruas jahe lalu seduh dengan air hangat dan minum 3 kali sehari.

Anda juga dapat menghirup uap racikan tersebut. Bahkan Nabi juga menganjurkan sahabatnya meminum madu saat mereka sakit (Baca: Nabi Sebut 5 Tumbuhan Ini Berkhasiat Tinggi Obati Penyakit).

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Cukupi kebutuhan makanan bergizi Anda. Kurangnya asupan makanan bergizi merupakan alasan melemahnya sistem imun.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara konsumsi buah segar dan sayur serta atur asupan gizi yang seimbang. Buah-buhan yang dianjurkan adalah buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti buah jeruk, stroberi, dan guava.

ibnu kharish1Penulis : Ibnu Kharish | Penulis Tetap Datdut.com

Fb : Ibnu Harish

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *