Menu Tutup

Ini 5 Bacaan Wajib Jurusan Sastra Arab Universitas Sorbonne

Datdut.Com – Prancis merupakan salah satu negara tujuan para pelajar pencari beasiswa. Selain biaya kuliah yang murah, Prancis juga terkenal dengan menara Eifelnya. Ahli filasafat, linguistik, dan kebudayaan pun banyak lahir dari Prancis. Jangan salah, salah satu universitas di Prancis juga menawarkan jurusan sastra Arab, lho! Anda pernah dengar Universitas Sorbonne bukan?

Nah, jangan tertukar dan salah, ya. Ternyata, di Prancis itu ada dua Sorbonne yang terkadang orang suka tertukar menyebutnya. Ada Universitas Paris 3 Sorbonne-Nouvelle dan ada juga Universitas Paris 4 Sorbonne. Dalam tulisan ini, saya hanya ingin menyampaikan 5 bacaan wajib pada jenjang master di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Paris 4 Sorbone, Paris, Prancis, karena ia lebih tua daripada Universitas Paris 3. Berikut ulasannya:

1. Metodologi Penelitian Sastra Arab Klasik

Sebagaimana diliris di website Universitas Sorbonne, Paris 4, mata kuliah ini diampu oleh Profesor Abdallah Cheikh-Mousa. Dalam mata kuliah ini, ada buku wajib yang harus dikaji, yaitu Sulukul Malik fi Tadbiril Mamalik karya Ibn Abi Rabi, Sastrawan Arab klasik yang lahir pada tahun 272 Hijriyah. Ia menulis buku ini untuk dihadiahkan kepada khalifah terakhir Dinasti Abbasiyah, al-Mu’tashim Billah.

2. Metodologi Penelitian Sastra Arab Modern

Buku bacaan wajib mata kuliah Metodologi Penelitian Sastra Arab Modern adalah Azazil karya Yusuf Zaidan. Novel tersebut merupakan novel sejarah yang mengisahkan tentang perdebatan tentang teologi terkait Bunda Maryam yang melahirkan Isa sebagai manusia atau Tuhan. Mata kuliah ini diampu oleh Profesor Frédéric Lagrange.

3. Metodologi Pemikiran Islam

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diarahkan untuk memperbandingkan Filsafat Islam dan Filsafat Barat. Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs resmi Universitas Sorbonne, Paris 4, mata kuliah ini bertujuan untuk mengkomparasikan konsep cinta menurut Imam Ghazali dan menurut Santo Augustinus. Karena temanya yang umum, biasanya, mata kuliah ini diikuti dari mahasiswa di berbagai jurusan, seperti mahasiswa Sastra Arab dan Ibrani, mahasiswa Sosiologi, dan mahasiswa Filsafat. Mata kuliah ini diampu oleh Dr. Adrien Leits.

4. Linguistik Arab

Mata kuliah ini diampu oleh Dr. Frédéric Shehadeh yang diajarkan pada semester ke dua. Mata kuliah ini lebih menekankan perbandingan tentang Sintaksis Arab Klasik dan Sintaksis Arab Modern. Beberapa buku bacaan wajib dalam mata kuliah ini di antaranya adalah al-Kitab karya Sibawaih, Ham’ul Hawami’ karya As-Suyuthi, dan Modern Written Arabic karya Badawi, Carter, dan Gully.

5. Budaya Pop Arab

Mata kuliah Budaya Populer ini bertujuan untuk mengkaji Cultural Studies melalui teori Pop Culture dengan korpusnya yang berupa teks-teks Arab, baik berupa film, lagu-lagu, sastra populer dan lain sebagainya. Dengan mempelajari budaya populer Arab, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui secara menyeluruh tentang budaya Arab. Sehingga mereka dapat membedakan antara doktrin agama dan budaya yang datang dari Arab.

(Editor : Neng Irin)

harisPenulis : Ibnu Harish (Peraih Beasiswa MORA untuk Kursus Bahasa Prancis dan Peneliti Pusat Penerjemahan Alquran dan Hadis)

Fb : Ibnu Harish

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.