Menu Tutup

Hoax Lagi! Video Ini Diklaim sebagai Kiriman Ekstasi dari Tiongkok, Padahal…

DatDut.Com – Salah satu tujuan pemelintiran berita adalah membangkitkan sentimen dan kebencian terhadap kelompok, golongan, agama atau negara tertentu. Begitulah beberapa hoax yang beredar akhir-akhir ini. Selain berita-berita palsu terkait kondisi Syuriah, berita palsu untuk membangkitkan kebencian dan anti China/Tiongkok juga marak beredar.

Sayangnya terlalu banyak nitizen yang enggan meneliti berita apalagi yang berbentuk video. Selain agak sulit untuk menelusuri keaslian, juga memerlukan kuota lebih banyak ketimbang menelusuri sebuah hoax yang berupa gambar.

Itulah yang terjadi terhadap sebuah video yang diunggah salah satu pengguna FB dengan nama akun Aidil Ade pada 18 Desember 2016, sekitar pukul 12 siang. Anda dapat melihat video yang diunggahnya, jika belum dihapus di sini. Jika sudah dihapus, Anda bisa melihat dokumentasinya di sini, atau melihat video aslinya pada link Youtube di akhir artikel ini.

Akun FB ini memiliki follower lebih dari 63 ribu. Dengan segera video yang diunggahnya tersebut diviralkan oleh para follower, dibagikan hingga 3.679 kali dan telah diputar hingga 42 ribu tayangan.

Unggahan video ini mendapat tanggapan sebanyak 957 dan 153 komentar. Baik komentar yang mendukung, mencaci pemerintah, maupun komentar yang mengkritiknya sebagai hoax.

Mengiringi video yang diunggahnya, Aidil Ade menulis sebagai berikut:

 “Subhanalloh…. Air Susu dibalas Air Tuba..

Kerjasama Tiongkok dgn Uni Emirat Arab dlm pembuatan rel kereta cepat.

Ternyata UEA DAPET HADIAH JUTAAN PIL EKSTASI.. LUAR BIASA.  POLITIK CANDU !!!

Menanggapi postingan tersebut, salah satu netizen bernama akun Tony Gust berkomentar, “Jadi begitu permainannya china, buka mata kalian bagi yg mengidolakan junjungan nya..terlalu beresiko bekerjasama dengan china.”

Senada dengan komentar diatas Nursiati Ashley berkomentar, “Luar biasa jahatnya negara China komunis…ini kerjaan sebuah negara…bkn lagi mafia….musnahkan negara china!!”

Namun ada juga yang memprotes dan menjelaskan bahwa video yang diklaim sebagai kiriman ekstasi dari China tersebut adalah berita palsu. Lucunya, pendukung yang sudah gelap mata tetap ngotot anti China.

“Mau ini hoax ato gk… yg jelas china bnyakk nyelundupin narkoba ke negaraaa kitaa…..” tulis Ade Rizky Ramayanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.