Menu Tutup

Foto Ini Diklaim sebagai Jamuan Makan Kapolda Jabar untuk GMBI Usai Bentrok dengan FPI, Padahal…

DatDut.Com – Pasca pemeriksaan terhadap Pimpinan FPI, Habib Rizieq Syihab yang diwarnai kerusuhan antara massa FPI dan LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia). Kerusuhan juga berbuntut adanya aksi perusakan terhadap kantor GMBI di Bogor.

Hoax dari Instagram tak ketinggalan mewarnai pasca keributan tersebut. Dari sebuah akun bernama Sorotan Publik tersebar gambar dengan tulisan dan klaim sebagai berikut:

Keren dong… LSM Preman dilindungi Polisi untuk Menyiksa dan Memukul FPI.  Indonesia memang kece. Pembakar masjid di Tolikara saja dijamu Presiden.  Hehe maklum, Indonesia Presidennya dalam bayang2 cina .

#SorotanPublik”

 

Sejak diunggah pertama kali pada 13 Januari, status tersebut telah mendapat 4.583 like. Beberapa akun Facebook juga menyebarkan status tersebut. Status di atas jika sewaktu-waktu dihapus bisa Anda lihat gambar layarnya di sini.

Akun Sorotan Publik sendiri memiliki 168 kiriman yang isinya kebanyakan kebencian terhadap salah satu paslon maupun terhadap pemerintah. Akun ini juga memiliki 9.094 follower.

Sementara itu di Facebook, unggahan status sejenis sempat diposting oleh halaman yang mengatasnamakan Front Pembela Islam. Meskipun sebagian orang mengatakan halaman tersebut bukan halaman resmi FPI, namun FP ini mempunyai 107 ribuan pengikut.

Bahkan postingan tentang jamuan makan oleh Kapolda Jabar kepada LSM GMBI tersebut telah dibagikan hingga 7000 kali, dan mendapat 7,500 tanggapan. Setelah maraknya klarifikasi para pengguna FB, postingan ini akhirnya dihapus, namun sempat didokumentasi oleh pengguna FB atas nama Hermansyah Koto.

[nextpage title=”Ini Faktanya”]

Ini Faktanya

Foto yang dipakai dalam status instagram untuk menguatkan tuduhan terhadap polisi tersebut adalah foto lama.

Berita dari rri.co.id bulan Oktober 2016, tentang kunjungan Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal bersama ketua Pekat IB (Pembela kedaulatan tanah air Indonesia baru) Sulawesi Selatan, Nasrun Latjinta serta LSM GMBI di Kantor Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan. Berikut ini beritanya:

Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal bersama ketua Pekat IB (Pembela kedaulatan tanah air Indonesia baru) Sulawesi Selatan, Nasrun Latjinta serta LSM GMBI menyambangi Kantor Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan,  (10/10/2016).

Kehadiran Syamsu Rizal,Ketua Pekat dan LSM disambut langsung oleh Kapolda (Kepala kepolisian daerah) Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Anton Charliyan, di ruang kerjanya.

Sebelum berbincang lebih jauh, Jenderal bintang dua ini terlebih dahulu mengajak Wawali Makassar untuk menyantap makan siang bersama. Tampak berbagai macam menu makanan telah tersedia diatas meja makan Kapolda Sulsel, seperti, opor ayam, sayur daun pepaya, ayam masak, sate dan daging tumis lombok.

“Mari makan Pak Wawali”,Ujar Anton Charliyan yang didampingi tiga anggota Polwan.

Sambil menikmati menu makan siang. Wawali Makassar bersama Kapolda Sulsel serta ketua Pekat terlihat berbincang santai dan sesekali terlihat canda tawa diantara mereka.

Usai menyantap siang bersama Kapolda Sulsel, Anton Charliyan, Deng Ical pun mengunjungi ruangan Counter Messaging Polda Sulsel serta ruang Press Room Humas Polda Sulawesi Selatan,(FJ/FP).

Berita senada dengan foto yang diambil dari sudut berbeda dapat juga And abaca di Liput.id dan Makassar.tribunnews.com.

Kesimpulan

Status yang diunggah akun instagram atas nama Sorotan Publik jelas merupakan hoax dan fitnah terhadap  Kepolisian Jabar. Juga merupakan disinformasi, yaitu pemelintiran berita demi tujuan tertentu. Karena itu, hendaknya netizen lebih bijak dalam membaca berbagai berita dan isu. Terakhir, ingat-ingat ungkapan yang disampaikan oleh moderator Debat 1 Pilkada DKI, Ira Koesno,” Netizen agar lebih bijak lagi menggunakan jari jemarinya.”

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *