Menu Tutup

Dalam Debat Online, Ini 5 Ujaran Kebencian atau Pelecehan yang Sering Dilontarkan

DatDut.Com – Pernah diskusi via online? Apakah diskusi Anda berjalan lancar sebagai diskusi ataukah justru tergelincir menjadi perdebatan bahkan debat kusir? Masih ingat bukan berbagai ujaran khas yang menjurus ke arah kebencian atau pelecehan terhadap lawan debat?

Memang ketika pembicaraan di medsos masih dalam tahap diskusi sehat, suasana akan terasa tenang. Meskipun timbul sedikit riak panas tapi selama tujuan diskusi adalah sama-sama menemukan kesepakatan, maka gejolak cenderung reda.

Tapi ketika diskusi dengan orang-orang tertentu yang sifatnya memanas susah diajak diskusi, maka obrolan online akan berubah menjadi debat. Jika tidak segera usai dan malah saling ejek atau pembicaraan kian tidak terarah, jadilah debat kusir tak berujung.

Dalam suasana diskusi yang niatnya sama-sama mencari kesepakatan dan mencari pencerahan, ujaran-ujaran berikut ini dianggap bumbu penyedap dan sekedar humor. Ini mengecualikan jenis ke 3, 4 dan 5. Termasuk dalam forum-forum diskusi langsung dengan bingkai bahsul masailĀ (membahas berbagai persoalan), ujaran-ujaran tertentu hanya menjadi bumbu penyegar suasana.

Tapi dalam diskusi online yang sudah mengarah ke debat kusir, 5 ujaran atau ungkapan ini menjadi pelecehan dan penghinaan serta salah satu cara menjatuhkan mental lawan debat. Apa saja itu? Mari sama-sama kita ingat 5 ujaran kebencian atau pelecehan yang mungkin pernah Anda temui dan rasakan atau malah Anda pakai dalam debat online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.