Menu Tutup

Bukan Bidah atau Menyerupai Hindu dan Budha, Ini Dalil Zikir Menggunakan Tasbih

DatDut.Com – Tasbih merupakan salah satu perlengkapan shalat yang banyak dipakai orang. Rangkaian biji-biji yang biasanya berjumlah 99 itu memudahkan berzikir dengan hitungan tertentu. Bahan pembuatan tasbih pun bermacam-macam. Ada yang dari manik-manik plastik ataupun keramik, biji buah tertentu, ataupun berbahan kayu bahkan tulang unta.

Penggunaan tasbih sebagai alat hitung dalam berzikir juga ada yang mempermasalahkan. Meski tak setajam soal tawasul dan tabaruk, urusan menghitung zikir dengan tasbih tak luput dari vonis bidah. Alasan khas tidak ada perintah, Nabi mengajarkan yang lebih utama, hingga tuduhan menyerupai tasbihnya biksu agama Budha ataupun tasbihnya umat Hindu juga dialamatkan pada tasbih.

Beberapa situs salafi juga berbeda dalam menyikapi alat tasbih ini. Ada yang menganggap sebagai khilafiyah yang masih bisa ditolerir, ada pula yang ngotot menyamakan tasbih dengan tasbih dalam tradisi Budha atau Hindu.

Lalu, adakah landasan yang bisa dipercaya terkait penggunaan tasbih dalam dzikir? Berikut jawaban panjang dari Syekh Athiyah Shaqr, mufti Dar al-Ifta’ al-Mishriyyah dalam Fatawa al-Azhar, 9/11 yang disadur dengan penyesuaian bahasa:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.