Menu Tutup

Bukan Tradisi Yahudi, Tapi Ada Sejak Zaman Sahabat, Ini 5 Dalil Tradisi Baca Alquran di Kuburan

DatDut.Com – Sudah tradisi umat Islam apabila berziarah untuk membaca beberapa ayat atau surat dari Alquran. Harapannya, berkah bacaan itu dapat menjadi penerang di alam kubur.┬áTapi, dengan alasan bahwa membaca Alquran lebih layak di masjid, rumah, bukan di kuburan, kelompok Wahabi gencar membidahkan orang-orang yang berziarah lalu membaca Alquran.

Lebih parah lagi, mereka katakan bahwa tradisi membaca Alquran di kuburan adalah tradisi warisan Yahudi. Di media sosial akhir-akhir ini juga banyak beredar kembali meme gambar yang menghina orang-orang membaca Alquran di kuburan ketika ziarah.

Padahal, tradisi membaca Alquran di kuburan telah dicontohkan oleh para sahabat dan ulama salaf salih, bahkan merupakan anjuran Rasulullah sendiri. Dalil berikut ini sebenarnya juga sering dibantah dan dikorek-korek kesahihannya.

Namun sayangnya, meski melemahkan dalil berikut ini, kelompok yang melarang pembacaan Alquran di kuburan juga tidak bisa mendatangkan hadis selain larangan menjadikan kubur sebagai masjid dan rumah menjadi seperti kuburan. Sangat jauh hadis tersebut jika dijadikan alat justifikasi haram membaca Alquran di kuburan. Nah, berikut ini 5 riwayat yang menjadi dalil kebolehan membaca Alquran di kuburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.