Menu Tutup

Gus Mus Klarifikasi Tulisan dan Meme yang Mengatasnamakan Dirinya

DatDut.Com – Ketenaran dan ketokohan seseorang memang sering menyilaukan bagi sebagian orang. Statemen dan pendapatnya akan jadi rujukan banyak pengikut dan simpatisannya. Namun tak jarang ada juga orang yang memanfaatkan ketokohan publik figur tertentu untuk memuluskan tujuannya. Baik tujuan kelompok maupun golongan.

Dari situlah muncul hoax jenis perkataan. Yaitu tulisan, pernyataan maupun meme dengan mencatut nama tokoh tertentu. Tokoh yang dicatut namanya kadang tak tahu-menahu perkataan yang dinisbatkan padanya telah viral dan baru terkejut ketika mengetahuinya.

Meme dan kutipan kalimat sering bertebaran jika tak jelas apakah benar-benar perkataan si tokoh akhirnya mirip hadis palsu yang dibuat dan disebar sesuai keinginan yang membagikan.

K.H. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), Mustasyar PBNU yang juga terkenal dengan karya-karya sastranya, baru-baru ini kembali mengklarifikasikan dua buah meme yang mencatut namanya. Dengan bahasa halus beliau mengecam orang yang membuat tulisan tersebut kenapa tidak percaya diri dengan karyanya. Menurutnya, ia akan lebih rela tulisannya diklaim sebagai tulisan orang lain, ketimbang tulisan orang lain diklaim atas namanya.

Pada Jum’at  (10/3/’17) Gus Mus menunggah dua meme yang memuat fotonya lengkap dengan pernyataan atas namanya ke akun Facebook miliknya. Sekilas orang akan langsung percaya dan tentu menganggapnya sebagai statement Gus Mus. Gus Mus menulis:

Mengapa ada orang yang suka menyatakan pikirannya tapi tidak pédé dan mengatasnamakan orang lain? 🙁 Aku lebih rela tulisanku diakui sebagai tulisannya, daripada tulisannya diakukan sebagai tulisanku. Ini beberapa contoh saja dari tulisan orang yang diakukan sebagai tulisanku, lengkap dengan fotoku.

Gambar pertama ini mengomentari Habib Rizieq

Gambar kedua berbau isu politik terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.